Tips Belanja Pakaian Hemat Untuk Pria Berikut Ini

Seperti layaknya para wanita, kaum pria masa kini juga dikenal sangat antusias terhadap fashion. Bahkan tak sedikit dari mereka yang sengaja membuat anggaran tersendiri khusus untuk berbelanja fashion. Jika Anda salah satunya, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan apabila hendak belanja pakaian meski dana terbatas.

1. Pilih waktu belanja yang tepat

Cara pertama agar bisa memperoleh baju terbaik dengan dana terbatas adalah pandai-pandai memilih waktu berbelanja. Cari tahu tentang penawaran diskon di toko baju maupun butik langganan Anda. Biasanya toko-toko baju akan menawarkan diskon atau sale di event-event tertentu, akhir tahun, awal tahun atau sekitar bulan Juli.

Manfaatkan moment-moment tersebut demi mendapatkan pakaian kesukaan dengan harga terbaik. Bila ingin berbelanja di hari biasa, sebaiknya berbelanja di hari kerja bukan di akhir pekan. Dengan begitu Anda bisa fokus mencari model baju kesukaan karena toko tak terlalu ramai.

2. Tetapkan anggaran belanja

Sebelum kalap beli ini itu, sebaiknya tetapkan anggaran khusus untuk membeli baju. Cek terlebih dahulu baju apa yang belum Anda miliki dan memang benar-benar Anda butuhkan. Menetapkan anggaran belanja juga mencegah tindakan impulsif yang ingin membeli baju karena orang lain juga memakainya atau sekedar tren saja.

Jangan mudah tergiur membeli banyak baju walau harganya lebih murah karena bisa jadi baju tersebut malah tidak terpakai di kemudian hari. Buat daftar baju yang hendak dibeli dan belilah secara musiman bukan bulanan sehingga lebih hemat.

3. Belanja di toko terdekat

Untuk menghemat biaya transportasi sebenarnya Anda bisa berbelanja fashion secara online. Tapi, jika ingin mencoba pakaian langsung, tak ada salahnya belanja pakaian di toko baju berkualitas terdekat dengan rumah. Ajaklah kerabat sebagai partner pemberi saran ketika memilih pakaian sehingga tak perlu kembali lagi ke toko tersebut bila tak jadi membeli.

4. Memakai baju tren musim kemarin

Siapa bilang tak bisa tampil keren memakai baju yang sudah lewat musimnya. Sebenarnya tak ada salahnya memakai baju tren musim kemarin. Baju yang sedang tren biasanya dijual dengan harga mahal sedangkan baju yang musim lalu dijual lebih murah. Lebih baik uang tabungan aman daripada uangnya habis hanya karena mengikuti tren.

5. Coba sebelum membeli

Pria biasanya malas untuk mencoba baju di toko dan terlalu percaya diri akan ukuran tubuhnya. Padahal, bisa saja tiap merk menerapkan ukuran S, M, L dan XL yang berbeda terutama untuk busana celana panjang. Lebih amannya, jangan malu mencoba baju saat membeli daripada salah beli dan menyesal di kemudian hari.

6. Beli online

Membeli baju secara online menjadi alternatif menghemat anggaran terutama jika tempat tinggal Anda jauh dari toko pakaian yang berkualitas. Belilah baju yang Anda butuhkan di toko online berkualitas dan pahami kebijakan garansi pembelian barang ketika membeli secara online.

Meski terkesan praktis, membeli baju secara online memiliki kelemahan yakni Anda tak bisa mencoba baju terlebih dahulu. Solusinya adalah dengan mencoba barang yang hendak dibeli di toko retail terlebih dahulu. Baru kemudian beli baju dengan model dan ukuran yang pas di toko online.

Membeli baju memang mengasyikkan apalagi di masa diskon, tapi jangan sampai uang tabungan habis hanya demi penampilan. Pandai-pandailah ketika membeli baju dan jangan lupa untuk menerapkan langkah-langkah di atas agar bisa mendapatkan baju yang disukai tanpa harus menguras kantong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *