Tahap Skincare Routine yang Wajib Diketahui Pemula

Setiap perempuan tentu ingin mempunyai kulit yang cerah, bersih, dan terawat. Maka dari itu, banyak perempuan pasti rela mengeluarkan uang untuk modal skincare.

Skincare yang dilakukan dan produk yang dibeli juga sebenarnya tidak sedikit, mulai dari sabun, pelembab, toner, sunscreen, dan lain sebagainya. Setiap jenis dari skincare tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing.

Namun, bagaimana jika kamu masih pemula? Tentu kamu kebingungan dengan berbagai informasi mengenai skincare dari berbagai media. Tenang saja, disini akan dijelaskan tahap skincare yang wajib kamu ketahui.

Namun, sebelum masuk ke tahapan skincare ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit kamu agar bisa menentukan produk dan jenis skincare yang cocok.

Lalu, apa saja tahapan skincare bagi pemula?

1. Cleansing

Sederhananya, cleansing berarti membersihkan wajahmu sampai tuntas baik dari debu, make up, dan kotoran yang menempel. Membersihkan muka tidak hanya sekadar mencuci muka saja, tapi kamu juga perlu beberapa produk pembersih.

Dalam tahapan cleansing, dikenal istilah double cleansing. Hal ini berarti kamu membersihkan wajah dua kali, yang pertama menggunakan first cleanser yang mampu mengangkat berbagai debu, make up, dan kotoran.

First cleanser bisa berupa cleansing oli, milk, gel, ataupun micellar water. Sedangkan yang kedua atau second cleanser-nya menggunakan sabun cuci muka atau facial wash.

2. Toning

Banyak yang menyepelekan toner dan melewatkannya karena membuat kulit menjadi kering. Padahal, tahapan toning saat penting dalam rangkaian skincare.

Fungsi utama dari toner adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan juga menyeimbangkan kembali ph atau kadar kenetralan kulit wajah selepas cuci muka. Toner bahkan juga bisa membantu skincare kamu menyerap ke wajah dengan lebih cepat dan maksimal.

3. Mosturizing

Setelah menerapkan toner, tahap selanjutnya adalah memakai mosturizer. Mosturizer berfungsi untuk menjaga kelembapan wajah agar lebih kenyal, sehat, dan bisa terhindar dari keriput. Namun, saat memilih mosturizer, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan jenis kulit wajah kamu.

Kamu bisa menggunakan mosturizer yang hanya berfungsi untuk melembapkan saja atau yang punya manfaat lebih seperti menghilangkan jerawat atau mencerahkan wajah.

Selain itu, mosturizer harus dipakai pada pagi dan malam hari agar hasil yang lebih maksimal. Saat pagi, pakai sebelum menerapkan sunscreen dan saat malam pakai pada urutan terakhir.

4. Protecting

Setelah memakai berbagai jenis skincare, penting juga untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Karena seperti yang diketahui, sinar UV dari matahari bisa memunculkan bintik hitam dan menyebabkan penuaan dini.

Sunscreen tentu saja hanya diterapkan pada pagi hari. Saat malam kamu tentu tidak memerlukan sunscreen. Jika kamu terlalu malas atau ingin berhemat, kamu bisa memilih mosturizer yang megandung SPF. Namun, mosturizer ini sebaiknya jangan dipakai saat malam karena bisa menyumbat pori-pori.

Itulah tahap skincare yang cukup bagi pemula. Jika sudah terbiasa, lama-lama bisa menambah tahap lain seperti serum, essence, night cream, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *