Percaya Diri Maksimal Tanpa Panu, Karena Itu Hanya Buat Malu

Penampilan adalah salah satu hal utama untuk meningkatkan percaya diri. Jika penampilan belum maksimal, bisa jadi rasa percaya diri menjadi kurang. Penampilan bisa dilihat dari berbagai sisi. Baju yang digunakan, aksesoris yang dikenakan, hingga kesehatan badan.

Kata banyak orang, tak masalah jika penampilan biasa saja, tapi yang terpenting kesehatan dan kebersihan tubuhlah yang dijaga. Ada beberapa orang yang memiliki penampilan menarik, tetapi memiliki masalah dengan bau badan. Hal lain yang mungkin terjadi adalah fashion item yang digunakan berasal dari brand terkenal, tapi kulit penuh dengan bekas luka atau penyakit kulit lainnya.

Salah satu penyakit kulit yang bisa diderita oleh siapa saja adalah panu. Penyakit ini berasal dari datangnya malassezia jamur. Jamur ini menyebabkan kulit menjadi gatal dan akan meninggalkan bercak putih, merah, cokelat, atau bahkan hitam tergantung dengan warna kulit sang penderita.

Panu memang bukanlah suatu penyakit menular. Namun, jika dibiarkan bercak yang ditinggal akan semakin melebar dan gatal semakin kuat terasa. Kulit menjadi kasar seperti bersisik. Panu semakin terasa gatal jika kulit sedang menghasilkan banyak keringat. Itulah mengapa seseorang yang memiliki panu sangat diwajibkan menjaga kesehatan kulitnya agar panu tidak menyebar dan cepat hilang. Tentu kita tidak mau terus-terusan menggaruk kulit yang ada panu diatasnya di depan semua orang ketika melakukan kegiatan, bukan?

Ada beberapa alasan mengapa panu bisa timbul di kulit individu. Pertama adalah karena jenis kulit yang berminyak. Minyak berlebih pada kulit bisa menyebabkan panu muncul di beberapa area. Biasanya panu timbul di daerah punggung, lipatan perut, leher, atau daerah kulit lain yang menghasilkan banyak minyak atau keringat.

Ada juga penyebab yang timbul dari dalam tubuh. Perubahan hormon juga dapat menyebabkan panu muncul di permukaan. Perubahan hormon biasanya tidak terlalu disadari. Seseorang mungkin merasa sudah menjaga kebersihan dan kesehatan, tapi panu ternyata tetap muncul. Mungkin karena perubahan hormon itulah yang menjadi pemicunya.

Selain itu, sistem imun yang rendah juga bisa menjadi stimulus munculnya panu pada kulit. Sistem kekebalan tubuh yang kurang menyebabkan jamur mudah masuk dalam tubuh dan perkembangbiakkannya tidak bisa dicegah. Jika sudah begitu yang harus dilakukan adalah mengobatinya dengan segera agar panu tidak terlalu menyebar.

Faktor penyebab panu yang berasal dari luar bisa disebabkan karena lingkungan yang terlalu panas atau pun dingin. Dingin menyebabkan lingkungan menjadi lembab. Hal itulah yang disenangi oleh jamur. Di lingkungan lembab, jamur bisa sesuka hati berkembang biak. Keberadaan jamur akan semakin banyak sehingga pertumbuhan jamur pun menjadi tidak bisa dicegah.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit panu. Bagi individu yang memiliki kulit berminyak, gunakanlah produk perawatan kulit untuk menyeimbangkan produksi minyak. Ada banyak sekali produk perawatan yang terjual bebas di pasaran. Kita bisa memilih sendiri produk perawatan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan. Jika produksi minyak sudah tidak berlebih, kemungkinan munculnya panu pun akan mengecil.

Menjaga asupan nutrisi pun penting untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan perubahan hormon dan sistem kekebalan tubuh. Jika asupan nutrisi yang dikonsumsi sudah sesuai dengan kebutuhan tubuh, hormon yang adalah badan manusia tidak akan berubah secara signifikan sehingga mengahmbat terjadinya panu. Imunitas yang dimiliki pun akan terjaga atau bahkan meningkat dengan makanan yang tepat.

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan. Kebersihan badan dan lingkungan adalah hal penting yang harus diperhatikan. Jika tidak demikian, panu dan penyakit lain akan mudah hinggap di tubuh, tentu saja hal tersebut tidak diinginkan. Gatal pada panu seperti meminta untuk selalu digaruk. Hal tersebut akan mengganggu jika harus selalu dilakukan di depan banyak orang.

Ketika terkena panu, segera obati dengan obat yang ada. Banyak sekali obat berbentuk pasta atau pun kapsul untuk menyembuhkan panu yang bisa ditemukan di banyak apotek atau toko obat. Namun, tidak sedikit pula obat panu yang berasal dari bahan alami yang bisa dengan mudah ditemukan. Berikut beberapa obat panu yang berasal dari bahan alami.

1. Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak batang teh memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyembuhkan panu. Kandungan antiseptiknya yang tinggi bisa menjadi penyembuh penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur tersebut. Penggunaan tea tree oil sebagai obat panu bisa dikombinasikan oleh minyak lain.

Siapkan dahulu 5 tetes tea tree oil, 1 sendok teh minyak kelapa dan 5 tetes minyak lavender. Campurkan bahan yang telah disiapkan. Usapkan campuran tersebut pada panu yang ada di kulit. Gunakan secara rutin hingga panu menghilang.

2. Minyak kelapa

Sangat mudah menemukan minyak kelapa di toko-toko yang ada. Minyak kelapa memiliki asam lemak yang tinggi, tepat digunakan untuk mengobati panu. Tidak perlu dikombinasikan dengan bahan lain, minyak kelapa bisa langsung digunakan sebagai obat dengan cara mengusapkannya di atas panu yang ada pada kulit.

3. Minyak oregano

Minyak oregano berbahan dasar daun dan bunga oregano. Setelah proses sedemikian rupa, dihasilkanlah minyak yang memiliki banyak kegunaan salah satunya untuk mengobati panu. Minyak oregano memiliki kandungan carvacrol.

Carvacrol berfungsi untuk mengurangi atau bahkan membunuh infeksi. Sama dengan penggunaan minyak kelapa, minyak oregano bisa langsung digunakan untuk obat panu tanpa harus dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

4. Cuka apel

Mungkin beberapa orang sudah sangat familiar dengan apa yang disebut cuka apel. Cuka apel memiliki beberapa khasiat. Selain biasa digunakan untuk produk kecantikan, cuka apel juga bisa digunakan sebagai obat panu. Cuka apel memiliki anti-mikroba yang tinggi sehingga cocok digunakan untuk mengusir panu.

Cara menggunakan cuka apel sebagai obat panu tidaklah sulit. Pertama, siapkan 1 sendok makan cuka apel dan satu sendok makan air hangat. Aduk bahan yang telah disiapkan. Oleskan pada panu yang ada pada kulit. Biarkan dahulu selama lima belas menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga panu benar-benar hilang.

5. Yogurt

Siapa sih yang tidak mengenal yogurt? Yogurt merupakan makanan nikmat yang kaya manfaat. Ternyata yogurt juga bisa digunakan sebagai obat panu, lho. Kandungan probiotik yang ada mampu menghilangkan panu yang menyiksa. Cara menggunakannya pun mudah dan mungkin mengasikkan. Namun, gunakan yogurt tawar ya. Ada banyak sekali produk yogurt tawar yang bisa ditemukan di toko atau supermarket terdekat.

Oleskan yogurt tawar di atas panu yang ada pada kulit. Biarkan selama 30 menit hingga akhirnya dibilas dengan air. Hal yang mengasikkan adalah, konsumsilah yogurt tawar sebanyak 2 gelas per hari untuk mempercepat proses penyembuhan dari dalam. Dengan cara tersebut diharapkan panu akan cepat hilang dan tidak lagi kembali mengganggu aktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *