Bingung Mau Nerusin Kuliah Jurusan Apa? Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat!

Buat kamu yang kelas 12, pasti semuanya ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Pastinya sudah banyak yang mempersiapkan ingin kuliah dimana dan jurusan apa. Namun, ada juga yang sampai saat ini masih belum tau ingin mengambil jurusan apa.

Sebaiknya kamu segera menentukan jurusan yang ingin kamu ambil waktu kuliah nanti. Tapi ingat, dalam memilih jurusan kamu tidak boleh sembarangan. Karena jurusan kuliah yang kamu ambil akan menentukan masa depan kamu.

Dalam menentukan jurusan kuliah, tentu ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Jadi, kalau kamu masih bingung ingin mengambil jurusan apa, simak tips-tips berikut ini!

1. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat Kamu

Hal terpenting ketika memilih jurusan adalah, jurusan itu memang benar-benar sesuatu yang kamu senangi dan kamu punya bakat disitu. Jangan sampai terbawa arus dan ikut-ikutan saja, tapi pilih yang sesuai dengan passion kamu. Dengan begitu, meski nantinya tugas kuliah berat, kamu tidak akan banyak mengeluh karena jurusan itu memang keinginan kamu.

2. Peluang kerja

Umumnya orang berkuliah sebagai modal untuk bekerja, bukan? Oleh karena itu, kamu bisa memilih jurusan dengan peluang kerja yang luas. Kalau kamu benar-benar tidak tahu ingin masuk jurusan apa, kamu bisa mempertimbangkan jurusan dengan peluang kerja besar. Tapi, jika kamu benar-benar tidak mau dengan jurusan itu, jangan memaksakan diri, ya!

3. Pilih beberapa jurusan dan cari plus minus setiap jurusan

Kalau kamu masih bingung, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa pilihan jurusan. Tapi, pilihan-pilihan tersebut masih dalam minat kamu, ya. Setelah memilih beberapa jurusan, lakukan riset. Kamu bisa membuka atau membaca di internet, atau bisa pula bertanya kepada kerabat atau kakak kelas yang sudah pengalaman dengan pilihan jurusan kamu.

Setelah kamu memiliki berbagai informasi mengenai setiap pilihan jurusan kamu, kamu bisa membandingkan setiap jurusan tersebut dan menentukan mana yang lebih cocok untuk kamu.

4. Cari tahu akreditasi jurusan dan latar belakang lulusan

Saat melamar pekerjaan nanti, perusahaan akan memberi syarat batas minimal akreditasi jurusan. Semakin bagus akreditasinya, semakin baik pula jurusan itu di universitas yang dituju. Sebaiknya, kamu pilih jurusan dengan akreditasi yang sudah baik untuk memudahkan kamu melamar pekerjaan.

Mencari tahu latar belakang lulusan bisa kamu gunakan untuk riset kecil-kecilan sebagai sumber informasi kamu. Kamu bisa tanya ke siapa saja, misal tetangga, kakak kelas, atau kerabat dekat. Dengan begitu kamu akan memiliki gambaran mengenai jurusan yang akan kamu ambil.

Buat kamu yang akan memasuki masa perkuliahan, sebaiknya pilih jurusan dengan serius dan jangan asal-asalan. Pilih yang sesuai keinginan dan jangan hanya ikut-ikutan teman atau orang lain, karena nantinya kamu malah akan menjalani perkuliahan dengan setengah hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *